Notification

×

Iklan

Iklan

Pemerintah Kembali Bagi-bagi Rice Cooker Gratis Tahun Ini

Saturday 3 August 2024 | August 03, 2024 WIB Last Updated 2024-08-03T11:23:59Z


ONLINENASIONAL.COM, JAKARTA- Kementerian ESDM memastikan program alat masak listrik (AML) atau rice cooker gratis berlanjut tahun ini. Pemerintah berniat membagikan rice cooker gratis sebanyak 137 ribu unit.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Jisman P Hutajulu mengatakan, pada tahun lalu pihaknya mengalokasikan rice cooker gratis sebanyak 500 ribu unit. Namun, realisasi rice cooker yang berhasil dibagikan hanya 362 ribu unit. Sisa alokasi rice cooker tersebut yang akan dibagikan tahun ini.

"Jadi kan kita menyambung ya. Tahun lalu kan 500 ribu, kemudian yang kita bisa realiasikan 362 ribu sekian, jadi ada 130 ribuan sekian yang ini," kata Jisman melalui keterangannya, dikutip Kamis (1/8/2024).

Dia mengatakan, pihaknya telah menghitung dampak dari program rice cooker gratis ini. Lanjutnya, program ini memberikan manfaat yakni penurunan emisi, mengoptimalkan pemanfaatan listrik dan mengurangi impor terutama pada LPG.

"Itu yang kita sudah dapatkan dan kita sudah laporkan itu ke Kementerian Keuangan sebagai dasar ini program ini berhasil nggak, kira-kira begitu ya. Nah, setelah kita perlihatkan angkanya mereka sudah mengiyakan dan ini dalam proses sehingga alat masak listrik ini, yang rice cooker ini, AML ini kita akan teruskan," terangnya.

Dia berharap, tidak lama lagi sudah ada review anggaran untuk program ini yakni untuk 137 ribu unit dengan nilai sekitar Rp 182 miliar.

"Mudah-mudahan nggak lama lagi sudah ada review anggarannya untuk 137 ribu, kalau nggak salah Rp 182 miliar, ya seperti itu ya. Itu akan diteruskan tahun ini. Dan datanya, ya kita udah mulai siapkan, dan segera berharap sih di bulan-bulan 10 udah selesai semua itu," terangnya.

Saat dikonfirmasi kembali, adapun rice cooker gratis yang akan dibagikan pada tahun ini adalah 157.000 unit dengan anggaran Rp 85 miliar.***

×
Berita Terbaru Update