Notification

×

Iklan

Iklan

Komisi II DPR Akan Tanya KPU Alasan Usul Pendaftaran Capres Dimajukan

Wednesday 20 September 2023 | September 20, 2023 WIB Last Updated 2023-09-20T03:43:15Z



ONLINENASIONAL.COM, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan rapat konsultasi bersama Komisi II DPR RI membahas RPKPU pendaftaran peserta Pilpres 2024 hari ini. Anggota Komisi II DPR RI dari fraksi PAN Guspardi Gaus mengatakan pihaknya akan menanyakan alasan KPU terkait dimajukannya pendaftaran capres.

"Komisi II akan lakukan RDP dengan KPU, kita akan dengarkan alasan KPU mengusulkan dimajukan dan dipersingkatnya masa pendaftaran capres," ujar Guspardi, saat dihubungi, Selasa (19/9/2023) malam.

Selain itu, Guspardi juga mengatakan pihaknya akan bertanya kesiapan KPU terkait pendaftaran capres tersebut. Sebab, lanjutnya, KPU yang mengusulkan perubahan jadwal tersebut.

"Kalau mau ubah PKPU kan harus dibahas bersama. Kita lihat juga kesiapan KPU karena kan mereka yang mengusulkan," tuturnya.

Menurutnya, jika percepatan memiliki nilai positif maka tidak ada salahnya untuk mendukung dimajukannya waktu pendaftaran capres.

"Jika banyak nilai positif yang didapatkan dari percepatan pelaksanaan daripada pendaftaran, kenapa tidak kita akan mendukung untuk dilakukan percepatan itu?" tuturnya.

KPU Akan Rapat Bersama Komisi II DPR

Diketahui sebelumnya KPU RI akan rapat konsultasi bersama Komisi II DPR RI. Rapat ini dijadwalkan hari ini, Rabu (20/9) pukul 15.30 WIB.

"Insyaallah Rabu sore jam 15.30 akan diselenggarakan rapat konsultasi dengan DPR dan Pemerintah di DPR untuk membahas RPKPU pendaftaran peserta Pilpres," kata Ketua Divisi Teknis KPU RI Idham Holik kepada wartawan, Selasa (19/9).
Idham menyebut rapat itu membahas terkait rencana pendaftaran capres-cawapres. Diketahui, pendaftaran capres-cawapres dimajukan pada 10-16 Oktober 2023.

Idham menyebut usai rapat konsultasi, KPU akan melakukan proses legal drafting. Kemudian, dilakukan rapat harmonisasi dan PKPU tersebut baru akan disahkan.

(sumber : detik.com)
×
Berita Terbaru Update