Notification

×

Iklan

Iklan

PDIP Tegaskan Jokowi Sudah Tepis Isu Dukung Prabowo

Wednesday 16 August 2023 | August 16, 2023 WIB Last Updated 2023-08-16T16:55:15Z



ONLINENASIONAL.COM, BOGOR - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menegaskan bahwa Presiden Joko Widodo sudah menepis isu mendukung Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden pada Pemilu 2024.

"Hal tersebut sudah dibantah oleh Presiden Jokowi," kata Hasto menjawab pertanyaan wartawan seusai menghadiri acara pemberian sertifikat rekor MURI kepada PDIP terkait pengobatan gratis di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa.

Hasto mengatakan PDI Perjuangan meyakini Presiden Jokowi merupakan sosok yang memahami falsafah bangsa. Dia lalu menceritakan tokoh Wayang Yudhistira yang dianggap sebagai pemimpin jujur.

"Kami percaya Presiden Jokowi ini kan beliau sangat memahami falsafah bangsa, termasuk dalam cerita wayang. Itu kan ada Yudhistira yang dipersepsikan sebagai sosok yang jujur karena pemimpin itu harus jujur," jelasnya.

Oleh karena itu, Hasto menegaskan pihaknya meyakini pernyataan Presiden Jokowi yang tidak mendukung Prabowo.

"Bahwa klaim-klaim yang dinyatakan secara tidak benar, hanya untuk mendapat dukungan elite itu sudah langsung dibantah oleh Presiden Jokowi," katanya.

Lebih lanjut, dia mengajak semua pihak agar menyampaikan narasi yang terbaik bagi masyarakat.

"Rakyat lah yang menentukan siapa yang akan jadi pemimpin ke depan. Dan bagi PDIP, itu adalah Pak Ganjar Pranowo," tambah Hasto.

PDI Perjuangan bersama PPP, Hanura dan Perindo mengusung Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden pada Pemilu 2024.

Hasto Kristiyanto juga menepis anggapan adanya campur tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait bergabungnya Partai Golkar dan PAN dalam koalisi mendukung bakal calon presiden (capres) Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Hasto menegaskan, Jokowi tidak pernah ikut campur dalam pembentukan kerja sama antar partai politik.

"Tentang Pak Jokowi yang namanya dicatut, beliau sudah melakukan klarifikasi bahwa itu tidak benar. Pak Jokowi tidak pernah campur tangan di dalam pembentukan kerja sama partai politik," tegas Hasto saat dijumpai di kawasan Ciawi, Bogor, Selasa, (15/8/2023 ).

Sebelumnya, Prabowo Subianto meyinggung sikap Presiden Jokowi terkait keputusan partai politik (parpol) koalisi pemerintah menghadapi Pilpres 2024. Hal itu disampaikan Prabowo seusai menerima surat pernyataan dukungan dari Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas), di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta, Minggu (13/8/2023).

Prabowo mengatakan, Jokowi tidak melarang keputusan masing-masing parpol koalisi pemerintah. Hal itu terbukti saat Partai Perindo yang mulanya mendukung Prabowo kini beralih haluan dengan mendukung capres PDIP, Ganjar Pranowo.

"Apa pun keputusan partai, partai apa pun, pengalaman saya dan keyakinan saya, saya kira semua ketum (ketua umum, Red), beliau tidak akan melarang, mendikte, itu kenyataannya demikian. Bukti sudah banyak, suatu saat Perindo datang ke kami menyatakan mendukung saya, kemudian Perindo berubah haluan dan keluar. Presiden Jokowi tidak campur tangan sama sekali. Itu yang saya tegaskan. Saya kira semua ketum setuju," kata Prabowo.

×
Berita Terbaru Update