Notification

×

Iklan

Iklan

Jasamarga Umumkan Buka Kembali Akses Exit Tol Gedebage KM 149 Secara Fungsional

Saturday 19 August 2023 | August 19, 2023 WIB Last Updated 2023-08-19T06:11:24Z



ONLINENASIONAL.COM, BANDUNG - Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) mengumumkan akan kembali membuka akses exit Tol Gedebage KM 149 pada hari ini, Sabtu, (19/8/2023). Ruas tol yang berada di Tol Padaleunyi itu akan dioperasikan secara fungsional. Gerbang Tol KM 149 Gedebage ini masih dibatasi jadwal dan golongannya.

Melansir akun Instagram @jasamargametropolitan, pembukaan pintu Tol Gedebage ini diberlakukan hanya untuk pengguna jalan dengan kendaraan golongan 1 non bus. Akses dibuka untuk mendukung aksesibilitas pengguna jalan yang menuju Gedebage atau destinasi lainnya di sekitarnya.

“Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) selaku pengelola Ruas Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi) kembali mengoperasikan sementara akses masuk dan keluar Km 149 Ruas Tol Padaleunyi mulai 19 Agustus 2023 pukul 07.00 s.d. 17.00 WIB,” kata keterangan JMT dalam unggahannya, Jumat, (18/8/2023).

Selain itu, pembukaan akses Exit Tol Gedebage KM 149 juga menjadi akses alternatif menuju dua destinasi populer di kawasan tersebut, yakni Masjid Raya Al Jabbar dan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

“Pengoperasian sementara ini dilakukan sebagai upaya peningkatan pelayanan bagi pengguna jalan, juga sebagai tambahan alternatif akses menuju destinasi populer di Jawa Barat, seperti Masjid Al-Jabbar dan stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA),” dalam penjelasan tersebut.

JMT menyatakan pengoperasian Exit Tol Gedebage KM 149 belum dibuka secara penuh. Pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Kementerian PUPR untuk terus mendukung pemenuhan kelayakan operasional jalan akses KM 149 tersebut.

Setelah seluruh proses tuntas, Kementerian PUPR akan menyerahkan pengelolaan Exit Tol Gedebage KM 149 kepada Jasa Marga untuk dapat beroperasi secara penuh.

“Tetap berhati-hati selama berkendara, patuhi batas kecepatan berkendara di jalan tol, hubungi call center 24 jam Jasa Marga di 14080 atau melalui aplikasi Travoy jika membutuhkan bantuan dan untuk melakukan pembaharuan informasi lalu lintas seperti kepadatan dan penutupan akses di jalan tol,” ucap Jasamarga Metropolitan Tollroad.

Meski begitu, Jasamarga juga akan terus berkoordinasi dengan kepolisian terkait hal jadwal pembukaan Gerbang Tol KM 149 ini.

"Selama pengoperasian sementara ini juga, atas diskresi Kepolisian dan atau arahan Kementerian PUPR, Jasamarga sewaktu-waktu dapat melakukan penutupan kembali bila dipandang perlu, terutama saat terjadi kondisi darurat demi keselamatan pengguna jalan tol," ucap keterangan itu.

Tak ketinggalan Jasamarga mengimbau pengguna jalan untuk selalu mengantisipasi perjalanan dengan memastikan fisik dan kendaraan dalam kondisi prima, kecukupan saldo uang elektronik.***

×
Berita Terbaru Update