Notification

×

Iklan

Iklan

Pengawas Pertandingan tak Laporkan Polisi Bawa Benda Dilarang Digunakan di Tragedi Kanjuruhan

Thursday 20 October 2022 | October 20, 2022 WIB Last Updated 2022-10-20T01:16:23Z

 


ONLINENASIONAL.COM, JAKARTA - Komisioner Komnas HAM Mohammad Choirul Anam mengatakan pengawas pertandingan atau match commissioner laga Arema FC berhadapan dengan Persebaya Surabaya mengetahui adanya polisi yang membawa benda yang dilarang dalam aturan PSSI, tapi tidak melaporkannya.

"Kita mendalami bagaimana ketika hari 'H' dia lihat kok ada teman-teman polisi yang membawa benda-benda dalam aturan PSSI itu dilarang," jelas Komisioner Komnas HAM Mohammad Choirul Anam di Jakarta, Rabu (19/20/2022).

Namun, yang menjadi pertanyaan kenapa pengawas pertandingan tidak melaporkan hal tersebut. Hal itu, juga sudah ditanyakan langsung oleh Komnas HAM dan match commissioner tidak bisa menjawab.

"Dia juga bingung karena perangkatnya tidak ada untuk pelaporan itu," sebutnya.

Anam menilai, artinya problem dalam hal tersebut sangat struktural dan mendasar. Selain itu, Komnas HAM juga menggali soal apa saja yang dilakukan oleh pengawas pertandingan yang sudah berada di Malang dua hari sebelum pertandingan dimulai.

Lembaga HAM tersebut mendalami terkait apa saja yang dilakukan, bagaimana mekanisme, pertanggungjawaban, laporan dan lainnya. 

×
Berita Terbaru Update