Notification

×

Iklan

Iklan

Polisi Olah TKP Kecelakaan Maut di Bekasi Pakai Alat 3D Scanner

Thursday 1 September 2022 | September 01, 2022 WIB Last Updated 2022-09-01T07:57:27Z

ONLINENASIONAL.COM, JAKARTA - Ditlantas Polda Metro Jaya melakukan menggunakan alat 3D Laser Scanner dalam olah tempat kejadian perkara (TKP) kecelakaan maut truk trailer di depan SD Negeri Kota Baru II dan III Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi, Jawa Barat.

"Kami dari tim TAA [Traffic Accident Analyst] Polda Metro Jaya bergabung dengan penyidik unit Laka Polres Metro Bekasi Kota melaksanakan kegiatan olah TKP kejadian Laka Lantas yang terjadi kemarin siang. Pada kesempatan ini selain melaksanakan pengukuran, kami juga melaksanakan kegiatan pengambilan video melalui alat 3D scanner," ujar Kasi Laka Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Edy saat dijumpai di lokasi, Kamis (1/9).

Edy menjelaskan pihaknya menyoroti delapan titik pengambilan video dalam olah TKP tersebut. Adapun jarak antara satu titik dengan titik lainnya sejauh 15 meter.


"Kemudian 3D scanner ini, kami mengambil 8 titik pengambilan video, di mana di masing masing titik itu, antara titik satu dengan titik lainnya berjarak 15 meter," katanya.

Lebih lanjut, ia menyebut hasil video dari olah TKP akan diolah terlebih dahulu selama 1 x 24 jam.


Edy mengatakan bahwa hasil pengambilan video ini adalah bahan pendukung yang akan menggambarkan kronologi kecelakaan yang terjadi.

"Ini sebagai bahan pendukung, saat pelaksanaan sidang pengadilan. Nanti akan menggambarkan kronologis daripada kecelakaan lalu-lintas tersebut," katanya.

Edy menerangkan lewat metode tersebut nantinya akan didapatkan video rekonstruksi kecelakaan baik sebelum, saat kejadian, sampai setelah kecelakaan.

Lebih lanjut, Edy menyebut polisi pun sedang melakukan pemeriksaan terhadap terduga tersangka pada hari ini.

"Kami saat ini, penyelidik lagi melaksanakan pemeriksaan terhadap diduga tersangka, karena memang kemarin siang kondisinya masih labil sehingga rencana penyidik merencanakan pemeriksaan pada pagi ini," katanya.

Kecelakaan maut itu terjadi di Jalan Sultan Agung, Kota Bekasi. Lokasinya tepat di depan SD Negeri Kota Baru II dan III Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi.

Kecelakaan itu bermula saat truk trailer yang dikemudikan oleh AS menabrak sebuah halte, kemudian merobohkan tiang BTS. Sebanyak 10 orang tewas, empat di antaranya adalah anak-anak.

Salah satu saksi mata, Asmawi mengatakan kecelakaan terjadi ketika banyak orang tua siswa sedang menunggu untuk menjemput anak-anaknya. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 10.00 WIB.

Sumber : CNN Indonesia

×
Berita Terbaru Update