Notification

×

Iklan

Iklan

Drone China Gentayangan Lagi di Langit Taiwan

Wednesday 7 September 2022 | September 07, 2022 WIB Last Updated 2022-09-07T01:35:57Z

ONLINENASIONAL.COM, JAKARTA - Taiwan melaporkan sebuah pesawat pengintai tak berawak milik militer China memasuki zona pertahanan udara pada Senin (5/9).

Ini merupakan manuver provokatif terbaru dari China sejak dibuat marah gara-gara lawatan Ketua Dewan Perwakilan (DPR) Amerika Serikat, Nancy Pelosi, ke Taipei pada awal Agustus lalu.


Pesawat tak berawak, yang diidentifikasi oleh Kementerian Pertahanan Taiwan, sebagai jenis BZK-007, menerobos barat daya Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ) Taiwan bersama delapan pesawat tempur China lainnya.

BZK-007 adalah drone militer yang jauh lebih besar yang dibangun Guizhou Industry Corporation. Drone itu bisa terbang dengan jarak jauh dan memiliki fitur pengintaian yang jauh lebih canggih.

ADIZ Taiwan jauh lebih besar dari wilayah udaranya dan tumpang tindih dengan ADIZ China. ADIZ Taiwan bahkan mencakup beberapa wilayah udara di atas daratan China.


Dikutip AFP, insiden ini terjadi beberapa hari setelah militer Taiwan menembak jatuh drone kecil tak dikenal. Drone itu diyakini berasal dari China.


Sejak China marah soal kunjungan pejabat AS ke Taiwan, Beijing terus melancarkan latihan besar-besaran hingga mengerahkan puluhan kapal perang dan pesawat militernya ke Selat Taiwan.

Latihan militer itu digadang-gadang menjadi yang terbesar dan paling agresif sejak pertengahan 1990-an.

Taiwan pun mencatat rekor 446 provokasi udara oleh pesawat tempur China selama Agustus.

Sebanyak 23 juta warga Taiwan pun hidup di bawah ancaman invasi China terus-menerus.

Suber : CNN Indonesia

×
Berita Terbaru Update