Notification

×

Iklan

Iklan

Jadwal Pertandingan Piala AFF U-16: Indonesia VS Vietnam

Saturday 6 August 2022 | August 06, 2022 WIB Last Updated 2022-08-06T03:30:21Z

 

Tim Nasional (Timnas) U-16 Indonesia akan menghadapi Vietnam di laga terakhir babak penyisihan Grup A Piala AFF U-16 2022, Sabtu (6/8/2022). 

Pertandingan yang akan berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, bakal digelar mulai 20.00 WIB.

Sejatinya skuad Garuda Asia hanya memerlukan hasil imbang saat melawan Vietnam. Lantaran saat ini Timnas Indonesia U-16 memuncaki klasemen sementara dengan keunggulan selisih gol.

Timnas U-16 Indonesia saat ini memuncaki klasemen dengan nilai 6. Mereka unggul selisih gol (+11) dari Vietnam (+9) yang memiliki poin sama.

Nantinya juara grup dan satu runner-up terbaik (dari tiga grup) berhak lolos ke semifinal. 

Tren Positif Timnas Indonesia U-16

Tren positif yang diperoleh Tim Merah Putih diharapkan terus berlanjut. Pada dua laga terakhir yang telah dilakoni, Vietnam U-16 menang 5-1 atas Singapura dan unggul 5-0 atas Filipina. 
 
Walaupun tim asuhan Bima Sakti ini menang telak pada laga terakhir kontra Singapura dengan sembilan gol tanpa balas, pelatih Bima Sakti tak ingin para pemain cepat puas. 
 
"Artinya walau kita menang besar kita tak bisa cepat puas. Tidak boleh euforia terlalu besar," ujarnya, dilansir dari laman resmi PSSI.
 
Bima juga mengingatkan para suporter agar tidak memuji para pemain terlalu besar. Menurutnya, timnya masih memiliki banyak kekurangan yang harus diperbaiki.
 
Lebih lanjut, juru taktik berusia 46 tahun tersebut juga akan mewaspadai kekuatan yang dimiliki oleh Vietnam. 
 
"Untuk pertandingan Sabtu nanti kita harus lebih waspada karena Vietnam tim bagus. Semoga pemain-pemain bisa cepat dalam pemulihan. Kami memiliki dua hari masa recovery," sambung Bima.

Rotasi Pemain

Bima Sakti mengatakan akan melakukan rotasi pemain dalam laga nanti. Beberapa pemain yang ikut menundukkan Singapura dengan skor 9-0, Rabu lalu, akan diistirahatkan.

"Kami akan melakukan beberapa perubahan susunan pemain. Saat melawan Singapura ada pemain yang sengaja diistirahatkan agar lebih segar saat berjumpa Vietnam," kata Bima Sakti di Stadion Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sleman, Yogyakarta, Jumat.

Bima mengungkapkan, salah posisi yang tak akan dirotasi adalah kiper. Andrika Fathir Rachman akan tetap menjadi pilihan. "Andrika lebih siap daripada kiper yang lain," kata pelatih berusia 46 tahun ini.

Andrika diturunkan saat Indonesia mengalahkan Filipina dan Singapura. Menurut Bima, meski penampilan kiper ini sempat mendapatkan sorotan karena beberapa kali melakukan kesalahan di areanya, ia terbukti mampu menjaga gawang Indonesia dari kebobolan.

Posisi Andrika tak tergeser meski kiper utama timnas U-16 Indonesia Ikram AlGiffari sudah pulih dari sakit cacar air. "Ikram baru sembuh, jadi dia perlu meningkatkan lagi kondisi fisiknya," kata Bima.

Bima mengatakan semua pemainnya dalam kondisi siap tempur kecuali bek Muhammad Yanuar Pallaraeng. Yanuar, yang bermain versus Filipina selama 11 menit menjelang laga berakhir, disebut Bima mengalami cedera pergelangan kaki (ankle).

"Ketika latihan hari Sabtu sebelum melawan Filipina, dia sebenarnya sudah merasa sakit di bagian 'ankle'-nya. Namun sekarang ternyata sedikit bengkak jadi kami mengistirahatkannya," tutur Bima.

Bima Sakti menegaskan bahwa dirinya tidak mengalami kesulitan dalam memutuskan siapa yang akan berlaga menghadapi Vietnam. Hal itu karena skuad "Garuda Asia" memiliki pemain dengan kualitas yang tak jauh berbeda.

"Saya menyampaikan kepada pemain, tidak ada pemain inti maupun cadangan. Atmosfer itu pun terbawa dalam sesi latihan. Pemain jadi selalu semangat bertarung untuk menunjukkan siapa yang siap untuk berlaga," kata Bima.

Bima Sakti menegaskan, meski hanya membutuhkan hasil seri, para pemain Timnas U-16 Indonesia akan diinstruksikan untuk mengejar kemenangan. "Kami tak boleh berpikir, 'Wah, seri sudah cukup jadi kami harus bermain aman'. Kami mau 'fight' dan menang," kata dia.

Meski demikian, Bima tidak mempermasalahkan jika memang seri menjadi hasil akhir laga tersebut. Namun, kalah tidak masuk dalam skenario. Sebab, andai takluk dari Vietnam, Timnas U-16 Indonesia harus berharap menjadi peringkat kedua terbaik fase grup Piala AFF U-16 2022 ini dan hal itu artinya menggantungkan nasib kepada tim dari grup lain. "Kami tak mau berharap pada tim lain. Kami ingin menentukan nasib kami sendiri," kata Bima.***

Jadwal Pertandingan Piala AFF U-16 2022:

Timnas Indonesia U-16 VS Timnas Vietnam U-16

Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta

Kick off dimulai pukul 20.00 WIB.

×
Berita Terbaru Update