Notification

×

Iklan

Iklan

Zulhas Diminta Tak Campuri Urusan Minyak Goreng dan Politik

Wednesday 13 July 2022 | July 13, 2022 WIB Last Updated 2022-07-13T05:01:20Z

ONLINENASIONAL.COM, JAKARTA - Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) meminta Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan tidak mencampuri urusan minyak goreng curah kemasan Minyakita dengan politik pilkada sang putri.
Sekjen IKAPPI Reynaldi Sarijowan menyayangkan tindakan pria yang akrab dipanggil Zulhas tersebut dan berharap agar sang menteri baru fokus bekerja sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Memang serba sulit karena menteri perdagangannya juga ketua umum partai politik. Satu sisi punya tugas melakukan sosialisasi untuk partainya atau keluarganya atau anaknya. Di sisi lain harus menyelesaikan persoalan-persoalan minyak goreng yang dihadapi oleh negeri ini," imbuh Reynaldi dalam pernyataan resminya, Rabu (13/7).

IKAPPI berharap agar Zulhas fokus pada masalah minyak goreng. Toh, harga minyak goreng curah yang diklaim mulai stabil belum merata dirasakan oleh seluruh pasar terutama di Jawa.

Selain meminta Zulhas fokus melakukan distribusi minyak goreng di seluruh pasar, baik di Jawa maupun luar Jawa. Pedagang pasar juga mengaku siap membantu distribusi minyak goreng di seluruh pasar di Indonesia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menegur Zulhas dan memintanya untuk fokus bekerja, terutama dalam rangka menstabilkan harga minyak goreng curah.

"Saya minta semua menteri fokus bekerja, kalau menteri perdagangan yang paling penting urus seperti yang saya tugaskan kemarin," kata Jokowi di Subang, Selasa (12/7).

Mantan wali kota Solo itu menegaskan telah menugaskan Zulkifli untuk menurunkan harga minyak goreng curah ke level Rp14 ribu per liter. Syukur-syukur lebih bagus bisa di bawah harga tersebut.

Sebelumnya, beredar video Zulkifli membagikan minyak goreng merek 'MinyaKita' kemudian Futri dipilih di pilkada mendatang viral dan menjadi kontroversi di tengah masyarakat.

Dalam video itu, awalnya Zulkifli menyampaikan sambutan di hadapan ibu-ibu yang hadir. Ia juga terlihat sempat berinteraksi dengan ibu-ibu dan menanyakan program minyak goreng murah di eranya sebagai Mendag, Minyakita.

"Ibu-ibu di sini katanya ada MinyaKita, murah ya? Disuruh beli berapa?" kata Zulhas dalam video yang viral di media sosial itu.

Ibu-ibu yang ditanya Zulhas menyebut mereka boleh membeli sebanyak dua liter 'Minyakita' dengan harga Rp10 ribu. Zulhas kemudian meminta ibu-ibu menyimpan uang Rp10 ribu itu karena dua liter Minyakita bakal dibayarkan Futri.

"Rp10 ribu dapatnya? Dua liter. Uang 10 ribu sudah bawa? Uangnya dikantongin. 10 ribu yang nanggung Futri. Tuh, Futri. Kasih uangnya, kasih, kasih tuh sama tuan rumah," terang Zulhas.

Setelah itu, Zulkifli meminta ibu-ibu yang mendapatkan dua liter 'MinyaKita' secara gratis itu untuk memilih Futri dan berjanji akan menggelar kegiatan bagi-bagi setiap dua bulan sekali. "Tapi nanti milih Futri ya, oke? Kalau milih Futri, entar dua bulan ada deh ginian," tandasnya.

Sumber : CNN Indonesia

×
Berita Terbaru Update