Notification

×

Iklan

Iklan

Friday 29 July 2022 | July 29, 2022 WIB Last Updated 2022-07-29T04:09:28Z

ONLINENASIONAL.COM, JAKARTA - Kondisi pabrik garmen di Tegal Alur, Jakarta Barat luluh lantak usai api berhasil dipadamkan oleh tim pemadam kebakaran (damkar) pada Jumat (29/7).

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com di lokasi api sudah padam pada pukul 10.15 WIB.

Atap berbahan baja ringan tampak rubuh. Pabrik yang berisi material kain dan kemasan berbahan kertas itu pun terlihat berantakan.


"Yang belakang gudang dan produksi, habis itu. Habis," ujar Amin kepada CNNIndonesia.com, Jumat (29/7).


Amin mengatakan sumber air cukup jauh sehingga proses pemadaman membutuhkan waktu yang lama. Selain itu, struktur bangunan yang rubuh pun turut menjadi faktor.

"Sumber air agak jauh. Struktur bangunan sudah rubuh sehingga lantai atas yang tadinya ada, rubuh ke bawah dan menutupi barang yang di bawah," kata Amin.

"Kesulitannya itu, yang di bawah ketutupan oleh rubuhan lantai dua. Kita harus pelan-pelan menyisir untuk memadamkan tumpukan yang di bawah, agak sulit," tambahnya.

Kebakaran terjadi pada Kamis kemarin sekitar pukul 22.00 WIB. Diduga akibat arus pendek atau korsleting listrik.


Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan kebakaran pertama kali diketahui oleh sekuriti pabrik bernama Kisman saat melihat asap tebal dari gudang bagian belakang.

Saat dicek, ternyata api sudah membesar dan tak bisa dipadamkan oleh sekuriti.

"Dan ternyata di dalam gudang api sudah membesar, kemudian kedua saksi berusaha memadamkan api dengan APAR, tetapi api tidak bisa padam karena api terlalu besar," ujar dia.

Sumber : CNN Indonesia

×
Berita Terbaru Update