Notification

×

Iklan

Iklan

Mensos Risma Klaim Pernah Tegur ACT Kirim Donasi ke Luar Negeri

Friday 29 July 2022 | July 29, 2022 WIB Last Updated 2022-07-29T00:25:21Z

ONLINENASIONAL.COM, JAKARTA - Menteri Sosial Tri Rismaharini mengaku sempat menegur lembaga filantropi Aksi Cepat Tanggap (ACT) lantaran menyalurkan dana donasi ke luar negeri.

Ia menemukan indikasi penyelewengan dana donasi yang telah disumbangkan masyarakat ke ACT sejak awal ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Sosial.

"Sebetulnya saat saya awal jadi menteri udah saya ingatkan dia (ACT). Sudah saya buatkan surat peringatan karena saat itu kalau gak salah ada sumbangan ke luar (negeri), terus saya tegur," kata Risma di Gedung Cawang Kencana Kemensos, Jakarta Timur, Kamis (28/7).


Politikus PDIP itu mengakui bahwa pengawasan yang dilakukan oleh Kemensos terhadap lembaga filantropi masih sangat lemah. Oleh karena itu, Risma bakal membentuk tim Satuan Tugas (Satgas) untuk memperkuat pengawasan terhadap lembaga filantropi.

"Mekanismenya saat itu pengawasan kita masih lemah. Saya mau siapkan tim untuk monitoring ini secara rutin," ujarnya.

Selain itu, Risma juga mengatakan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan aparat penegak hukum (APH) terkait pemantauan terhadap lembaga filantropi yang melakukan pengumpulan uang dan barang (PUB)

"Sekarang lagi kita siapkan tim saya nanti akan ketemu APH semuanya untuk pemantauan siapa saja," katanya.

Diketahui, penyidik Bareskrim Polri telah menetapkan empat orang sebagai tersangka dalam kasus dugaan penyelewengan dana donasi dan CSR korban jatuhnya pesawat Lion Air yang dikelola ACT pada Senin (25/7).

Empat orang yang ditetapkan sebagai tersangka yaitu A selaku pendiri dan mantan Ketua Yayasan ACT, dan IK selaku Ketua Yayasan ACT.

Kemudian HH sebagai Dewan Pengawas ACT dan NIA yang merupakan anggota dewan pembina periode di kepemimpinan A.

Sumber : CNN Indonesia

×
Berita Terbaru Update