Notification

×

Iklan

Iklan

Ma'ruf Amin Jadi Presiden Tiga Hari Selama Jokowi ke Luar Negeri

Wednesday 27 July 2022 | July 27, 2022 WIB Last Updated 2022-07-27T04:39:22Z

ONLINENASIONAL.COM, JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menjadi Pelaksana Tugas (Plt.) Presiden selama Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke luar negeri.

Ma'ruf akan menduduki jabatan itu selama tiga hari seperti tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 14 Tahun 2022.

"Menugaskan Wakil Presiden untuk melaksanakan tugas sehari-hari Presiden sesuai ketentuan peraturan perundang- undangan selama Presiden melaksanakan kunjungan kerja dan/atau kenegaraan ke Republik Rakyat Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan pada tanggal 25 sampai dengan 29 Juli 2022 atau sampai dengan tanggal tiba kembali di tanah air," bunyi keppres itu.

Ma'ruf berwenang menentukan kebijakan baru selayaknya presiden. Namun, ia wajib berkonsultasi dengan Jokowi sebelum mengeluarkan kebijakan.

Tugas-tugas presiden akan dikembalikan kepada Jokowi saat ia tiba di Indonesia. Ma'ruf juga wajib melaporkan pelaksanaan tugas selama memangku jabatan Plt. presiden kepada Jokowi.

"Setelah Presiden berada kembali di tanah air, penugasan berakhir dan Wakil Presiden segera melaporkan pelaksanaan tugas tersebut kepada Presiden," bunyi keppres tersebut.

Jokowi melakukan kunjungan kenegaraan ke Asia Timur sejak Senin (25/7). Ia telah berkunjung ke Beijing untuk bertemu Presiden China Xi Jinping.

Jokowi juga telah terbang ke Tokyo, Jepang semalam. Esok hari, Jokowi akan mampir ke Korea Selatan sebelum kembali ke Jakarta.

Ma'ruf pernah menjabat Plt. presiden pada 28 Juni-2 Juli lalu. Saat itu, Jokowi melakukan misi perdamaian ke Ukraina dan Rusia.

Sumber : CNN Indonesia

×
Berita Terbaru Update