Notification

×

Iklan

Iklan

Kim Jong Un Tak Takut Perang Nuklir Lawan AS, Ancam Binasakan Korsel

Thursday 28 July 2022 | July 28, 2022 WIB Last Updated 2022-07-28T04:17:02Z

ONLINENASIONAL.COM, JAKARTA - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, menegaskan tidak gentar perang nuklir melawan Amerika Serikat.
Ia juga mengancam akan membinasakan Korea Selatan apabila Pemerintah Yoon Suk Yeol berupaya melumpuhkan Korut.


Kim Jong Un melontarkan pernyataan itu pada pidatonya di peringatan 69 tahun angkatan perang Korut pada 27 Juli, seperti dikutip dari Associated Press. Peringatan itu secara teknis masih menandai bahwa Korut dan Korea Selatan masih dalam masa peperangan.


"Saya sekali lagi menegaskan bahwa Korea Utara sepenuhnya siap untuk setiap konfrontasi militer dengan Amerika Serikat," kata Kim Jong Un.


Korut sebelumnya menebar ancaman kepada Korsel setelah negara itu melakukan latihan militer bersama AS tahun ini. Latihan gabungan itu dilakukan setelah Korut melakukan uji coba rudal antarbenua (ICBM).

"[Pemerintah Yoon] akan membayar harga yang amat mahal dengan tindakan mereka menaikkan ketegangan militer dan mengancam keselamatan kami," tutur Kim Jong Un saat itu.

Baru-baru ini Kim Jong Un kembali melontarkan ancamannya. Ia bahkan mengancam akan membinasakan Korsel jika negara itu meneruskan provokasi mereka.

Korsel sendiri menyatakan dalam posisi siaga setelah Korut kembali melakukan uji coba rudal hipersonik dan rudal berkemampuan nuklir pada 10 Juli lalu.

"Militer kami mendeteksi pelontar terbang yang diduga sejumlah pelontar roket Korea Utara dari sekitar pukul 18.21 hingga 18.37 hari ini," demikian pernyataan kantor Kepala Staf Gabungan Korsel yang dikutip AFP.

Pernyataan itu berlanjut, "Militer kami menguatkan pengawasan dan kewaspadaan, dan terus dalam kondisi siaga sembari mempertahankan kerja sama Korsel-Amerika Serikat."

Sumber : CNN Indonesia

×
Berita Terbaru Update