Notification

×

Iklan

Iklan

Inggris Panas Banget, Sampai-sampai BMKG-nya Umumkan Level Merah

Saturday 16 July 2022 | July 16, 2022 WIB Last Updated 2022-07-16T11:59:31Z

ONLINENASIONAL.COM, JAKARTA - Cuaca di Inggris sedang panas banget. Badan meteorologi dan cuaca Inggris, Met Office, sampai mengeluarkan peringatan status darurat karena panas ekstrem sudah di zona merah.

Peringatan merah tersebut dikeluarkan untuk pertama kali setelah diperkirakan suhu udara di London bisa mencapai 40 derajat Celcius. Peringatan itu naik dari level kuning yang diterapkan pada pekan lalu.

Suhu tertinggi yang pernah tercatat di Inggris adalah 38,7 derajat Celcius. Itu terekam di Cambridge University Botanic Garden pada 25 Juli 2019.

"Luar biasa, mungkin sudah memecahkan rekor, suhu tertinggi kemungkinan terjadi pada Senin, kemudian pada Selasa," kata Met Office di situs mereka, seperti dikutip Reuters, Sabtu (16/7).

"Di malam hari juga cenderung menjadi terlalu hangat untuk Inggris, terutama di daerah perkotaan. Ini kemungkinan akan menyebabkan dampak luas pada manusia dan infrastruktur," begitulah pengumuman Met Office.

Awal pekan ini, Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) dan Met Office mengeluarkan peringatan kesehatan akibat cuaca panas tingkat 3. Artinya, dengan situasi itu dibutuhkan layanan sosial dan perawatan kesehatan yang sewaktu-waktu siap andai dibutuhkan tindakan ekstra untuk melindungi mereka yang rentan.

Suhu udara di London memang sedang tidak ramah. Peringatan merah, level 4, didefinisikan di laman Met Office sebagai gelombang panas sangat parah dan/atau berkepanjangan sehingga efeknya meluas ke luar sistem perawatan kesehatan dan sosial.

Pada tingkat ini, penyakit dan kematian bisa terjadi di antara yang bugar dan sehat, dan bukan hanya pada kelompok berisiko tinggi.

Sumber : detik.com

×
Berita Terbaru Update