Notification

×

Iklan

Iklan

PLT Bekasi : Perbaikan Jalan Inspeksi Kalimalang Ditargetkan Rampung H-7 Lebaran

Thursday 14 April 2022 | April 14, 2022 WIB Last Updated 2022-04-14T01:08:33Z
CIKARANG BARAT, ONLINENASIONAL.COM - Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi (SDABMBK) mulai melakukan pembangunan dan perbaikan jalan rusak yang sebelumnya dikeluhkan masyarakat. Perbaikan jalan ini tersebar di 31 titik, mulai dari batas Kota Bekasi sampai batas Kabupaten Karawang.

Untuk memastikan pelaksanaan pekerjaan, Plt. Bupati Bekasi, Akhmad Marjuki, didampingi unsur Forkopimda dan dinas terkait, juga turut meninjau langsung ke proyek pekerjaan yang berada di ruas Jalan Inspeksi Kalimalang, Desa Sukadanau, Cikarang Barat, Rabu (13/4). 

Plt. Bupati Bekasi mengatakan, peninjauan yang dilakukan ini untuk memastikan perbaikan jalan dengan luas 4.800m2 mulai dikerjakan, karena perbaikan jalan ini ditargetkan selesai pada H-7 sebelum idul fitri.


“Saya bersama Sekda, Kapolres dan dinas SDABMBK meninjau langsung perbaikan jalan ini. Ada 31 titik perbaikan mulai dari batas Kota Bekasi sampai Kabupaten Karawang, dan insha Allah akan diperbaiki dalam waktu dekat ini,” terangnya.

Menurut pantauannya, Marjuki menyebutkan bahwa kategori jalan yang rusak parah, sedang dan semi akan diperbaiki semua berserta perbaikan penerangan jalan. Dan pihaknya pun akan berupaya membuat jam operasional untuk truk bermuatan besar agar tidak menghalangi jalannya perbaikan.
“Ada yang rusak parah, sedang dan semi kita perbaiki semua. Untuk truk-truk kan ini jalan provinsi, kami usahakan untuk dibuat peraturan kelonggarannya,” katanya.

Disamping itu, Plt. Bupati menuturkan untuk kewenangan jalan yang dimiliki oleh Provinsi maupun Pemerintah Pusat, pihaknya sudah berkoordinasi dan ditugaskan untuk melakukan pelebaran jalan, dan saat ini sedang menunggu tindak lanjut dari Provinsi. 

“Memang ada jalan-jalan yang kewenangannya milik Provinsi dan Pemerintah Pusat. Kami sudah berkoordinasi dan ditugaskan untuk pelebaran jalan, kami juga sudah membayar untuk pembebasan tersebut. Tinggal menunggu saja yang Provinsi.” tuturnya.

Sementara itu, menurut Kepala Dinas SDABMBK, Iwan Ridwan mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan perbaikan Jalan Inspeksi Kalimalang sepanjang kurang lebih 5km terlebih dahulu, hal ini dilakukan dalam rangka persiapan menjelang arus mudik lebaran.

“Hari ini sedang dilakukan pemeliharaan perbaikan jalan di Kalimalang, sepanjang 5km. Ini dilakukan terlebih dahulu, karena ini jalan utama dan juga dalam rangka menjelang arus mudik lebaran,” ujarnya.

Dirinya menyebutkan, perbaikan jalan ini dilaksanakan melalui kerjasama E-Catalog Sektoral Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). 


“Pelaksanaan ini kita berkoordinasi dan melalui kerjasama E-Catalog Sektoral LKPP,” terangnya.

Terakhir, ia mengatakan pengerjaan jalan ini menggunakan beton dan aspal hotmix dan perbaikan tersebut akan terus dilakukan, sambil menunggu proses lelang selesai.

“Spesifikasi bahan kita, dibeton walaupun tidak semua kemudian di aspal hotmix supaya cepat. Kalau perbaikan lainnya menunggu sampai pelelangan itu selesai.” katanya.

Reporter: RSM
Editor: shn
×
Berita Terbaru Update