Notification

×

Iklan

Iklan

Soal IKN Tuai Polemik, Ridwan Kamil: Pemindahan ke Kalimantan Sudah Ada Sejak Zaman Bung Karno

Wednesday 26 January 2022 | January 26, 2022 WIB Last Updated 2022-01-26T15:11:41Z


BANDUNG, ONLINENASIONAL.COM 
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut bahwa pemindahan Ibu Kota itu sudah diwacanakan sejak lama. Hal ini disampaikan dalam akun Instagram resminya ketika mengunggah sebuah video.

"Pemindahan Ibu Kota adalah wacana lama sejak jaman Bung Karno. Karena Jakarta memang tidak pernah didesain sebagai Ibukota," kata dia dari Instagram @ridwankamil yang dikutip pada Rabu (26/1/2022).

Kata Ridwan Kamil, Bung Karno memilih Kalimantan karena dinilai jauh dari potensi bencana, posisi di tengah nusantara dan menguatkan semangat pemerataan.

"Hal yang sama yang menjadi alasan mengapa Presiden @jokowi memutuskan di Kalimantan," ujarnya.

Selain itu, Ridwan Kamil menyoroti pernyataan Edy Mulyadi yang belakangan ini menuai kontroversi.

"DARI SEPI MENJADI MAJU. Itulah sejarah semua peradaban kota-kota besar dunia. Dari Shenzen yang dulunya padang rumput sampai Dubai yang dulunya padang pasir, semua ceritanya sama. Jadi jika seorang Edy Mulyadi tidak setuju pemindahan Ibukota Negara ke Kalimantan dengan memilih diksi lisan yang akhirnya ditafsir menghinakan Kalimantan, tentulah sangat disesalkan," katanya.

Menurutnya, negeri ini menjadi bising kembali karenanya. Belum selesai satu masalah kemarin, datang lagi pernyataan yang merusak kain tenun kebhinekaan.

"Dan tidak bisa dihindari akan jadi perkara hukum," tuturnya.

"“BICARALAH yang baik atau diam”. Nasehat Rasul ini sangat cocok untuk mereka yang sering tidak bisa menjaga lisan dan tidak mampu memilih kata baik dalam berargumentasi di ruang publik. 2 kejadian ini jangan pernah ditiru, khususnya kepada generasi muda, generasi emas Indonesia," sambungnya.

Kang Emil -sapaan akrabnya- menyakini Ibu Kota Negara baru akan maju dan juga membanggakan.

"Salam hormat untuk warga Kalimantan, sebagai salah satu Juri sayembara IKN, saya meyakini Ibukota Negara di sana kelak pasti akan maju dan membanggakan," katanya.***

×
Berita Terbaru Update