Notification

×

Iklan

Iklan

Gelar Jaipong PKB Karawang Disorot, Ini Kata Rahmat Toleng

Saturday 28 August 2021 | August 28, 2021 WIB Last Updated 2021-08-28T05:15:59Z
KARAWANG - Jaipongan yang di gelar DPC PKB Kabupaten Karawang pada Kamis (26/8) mendapat sorotan dari Ahmad Zamakhsyari atau Kang Jimmy.

Di akun Facebook miliknya, Kang Jimmy menggaungkan tagar #KembalikanPKBkeRuhdanNafasNya dengan memuat kalimat kekecewaan atas helaran jaipongan di kantor DPC PKB Karawang pada Kamis malam.

Menganggapi itu, Ketua DPC PKB Kabupaten Karawang Rahmat Hidayat Djati angkat bicara. Pria yang akrab di sapa Rahmat Toleng itu mengungkap fakta helaran kesenian di kantor partai yang ia pimpin.

"DPC PKB Kabupaten Karawang mendukung program seni budaya di masa pandemi meski virtual, memberi ruang untuk para pelaku seni di Karawang agar mereka tetap bisa manggung," tutur Rahmat Toleng, melalui selulernya, Sabtu, (28/8/2021).

Toleng menjelaskan, pihaknya menerima aduan dari para pelaku seni yang selama dua tahun tak manggung akibat pandemi. Selain kehilangan pendapatan, mereka terancam kehilangan ruang berkreativitas.

"Pandemi bukan penghalang, kami mensupport, terus melestarikan dan mengembangkan kreativitas pelaku seni dan budayawan Karawang," ujarnya.

Senada dengan Rahmat Toleng, Wakil Ketua DPC PKB Kabupaten Karawang, Fredy Suntara memaparkan, pihaknya menggelar kesenian itu dengan virtual sudah atas sepengetahuan Ketua DPW PKB Jawa Barat Syaiful Huda.

"Kami memahami situasi pandemi seperti ini, sebab itu kami gelar secara virtual di kantor, bukan di ruang publik kami menggelar jaipongan," jelas Fredy.

Menurutnya, di era sekarang, gelaran virtual sudah lumrah dilakukan oleh berbagai kalangan, termasuk pertunjukan kesenian.

"PKB mengadakan itu tidak mengundang pihak lain, kalau video sawer yang beredar itu memang pengurus partai," imbuhnya.

Meski demikian, Fredy menilai ulasan Kang Jimmy terhadap kegiatan seni budaya yang sudah satu bulan digelar PKB merupakan hak individualnya.

"Saya tidak mau menanggapi itu (status), no comen, bahkan saya pun sejak lama pendukung murni beliau, saya hanya menjembatani aspirasi para seniman saja," tandasnya. (Rin/Red)
×
Berita Terbaru Update