Notification

×

Iklan

Iklan

Warga Tengah Isoman di Jabar Bisa Akses Pikobar untuk Layanan Dokter dan Obat-obatan Gratis

Monday 5 July 2021 | July 05, 2021 WIB Last Updated 2021-07-05T13:11:33Z


Bandung - Warga Jawa Barat (Jabar) yang positif Covid-19 dan sedang menjalani isolasi mandiri atau isoman dapat layanan dokter gratis melalui aplikasi Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jawa Barat (Pikobar). 

Selain layanan dokter gratis, dengan mengakses aplikasi Pikobar, para warga  juga yang sedang isoman juga akan  obat-obatan secara cuma-cuma terhitung mulai tanggal 5 April 2021. 

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, Fitur Isoman tersebut, bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada warga Jabar yang terpapar Covid-19 dengan kondisi tanpa gejala atau gejala ringan yang melakukan isolasi mandiri (isoman) yang membutuhkan obat-obatan dan layanan medis tanpa biaya.

"Mulai senin 5 Juli 2021 warga Jawa Barat yang isoman bisa mendapat layanan dari dokter Dinas Kesehatan Jawa Barat melalui layanan telekonsultasi di Pikobar secara gratis. Untuk informasi dan telekonsultasi, warga dapat mengunjungi portal Pikobar https://pikobar.jabarprov.go.id/isoman. Ke depannya Jawa Barat akan menyediakan akses terhadap obat dan multivitamin. Saya doakan lekas sembuh bagi warga yang isoman dan semangat!"  melalui unggahan di akun instagram pribadinya @ridwankamil dikutip Senin (5/7/2021).

Berdasarkan penelusuran, dalam fitur Isoman tersebut, warga Jabar dapat mengajukan kebutuhan selama isoman dengan mengisi form di aplikasi Pikobar. Kebutuhan obat tersebut akan dikirimkan beberapa hari setelah pengajuan.

Sementara untuk konsultasi medis, dapat memilih konsultasi dengan dokter, pasien dapat menggunakan penawaran dokter telekonsultasi melalui nomor WhatsApp yang telah disediakan.

Sebelumnya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil telah menghentikan 11 proyek strategi untuk mendanai kebutuhan pasien Covid-19 yang isoman.

"Saya sendiri sudah menghentikan 11 proyek infrastukutur. Akan kami geser dana dari proyek strategis ini sebesar Rp140 miliar, untuk diperbantukan kepada kedaruratan di Covid-19," kata Ridwan Kamil dalam jumpa pers virtual, Kamis 1 Juli 2021.

Alasannya, Ridwan Kamil menyebutkan banyak laporan yang masuk kepadanya dari para pasien Covid-19 yang isoman, membutuhkan dana selama pengobatan.

Untuk itu, kata Ridwan Kamil setelah tersedianya dana ini. Bagi para pasien yang sedang melakukan isoman, dapat melakukan pelaporan melalui aplikasi pusat informasi dan koordinasi Pemerintah Provinsi Jabar (Pikobar).

"Dana tersebut akan digunakan untuk menyubsidi gratis obat-obatan untuk para pasien Covid-19 yang isoman. Setelah melapor melalui Pikobar, nanti akan dikirimkan bantuan obat yang dibutuhkan," sambungnya.***

×
Berita Terbaru Update