Notification

×

Iklan

Iklan

Pemerintah Terbitkan Sertifikat Digital Vaksin Covid-19, Cegah Pemalsuan

Monday 5 July 2021 | July 05, 2021 WIB Last Updated 2021-07-05T13:35:58Z


 Jakarta  - Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, menyebutkan, pemerintah saat ini tengah mengupayakan digitalisasi sertifikat vaksinasi Covid-19 dan hasil swab PCR test khususnya untuk penumpang udara.

Diketahui berlakunya masa PPKM Darurat yang menjadikan sertifikat vaksinasi Covid-19 dan sertifikat tes PCR menjadi salah satu persyaratan pelaku penerbangan ditengarai mendorong aksi pemalsuan.

"Kita mendapatkan masukan proses disederhanakan secara digital agar tidak ada pemalsuan. Yang sifatnya kertas banyak pemalsuan, termasuk PCR dan sertifikat vaksinasi," ujar Budi Gunadi saat melaksanakan keterangan pers secara daring, Minggu (4/7/2021).

Sertifikat vaksinasi serta hasil PCR ini, kata Budi akan dicoba mulai pada 5 Juli 2021 2021 dan akan diterapkan untuk penerbangan dari Jakarta ke Bali dan sebaliknya.

"Kami sudah melakukan kerja sama sekarang dengan Angkasa Pura II untuk melakukan pilot project, kita akan coba tanggal 5 Juli sampai 12 Juli untuk penerbangan Jakarta-Bali dan Bali-Jakarta," jelasnya. 

Budi Mengungkapkan penggunaan data digital ini karena data vaksinasi dan hasil PCR dari 743 yang terdaftar dari seluruh Indonesia dikelola Kementerian Kesehatan (Kemenkes). 

"Dicek secara sistem dengan aplikasi pedulilindungi. Ada 743 lab hasil PCR sudah terkoneksi di Kementerian Kesehatan," ungkap Budi Gunadi.

"Datanya kebetulan ada di Kementerian Kesehatan, data itu kita buka dan kami hubungkan dengan Angkasa Pura II, sehingga setiap orang yang check in di Angkasa Pura II bisa menunjukkan QR code dari aplikasi PeduliLindungi atau dia bisa memasukkan NIK-nya,” imbuhnya.

Lebih lanjut Kementerian Kesehatan RI berupaya melakukan integrasi aplikasi Covid-19 dengan vaksinasi di Peduli Lindungi. Sehingga dengan sistem Digitalisasi Penanganan Covid-19 diharapkan dapat membuat data Covid-19 lebih akurat dan aman. ***

×
Berita Terbaru Update