Notification

×

Iklan

Iklan

Italia Juara Euro 2020, Kandaskan Inggris Lewat Adu Penalti 3-2 (1-1)

Monday 12 July 2021 | July 12, 2021 WIB Last Updated 2021-07-12T14:19:43Z


- TIMNAS Italia memenangkan laga final Euro 2020 atas Inggris 3-2 melalui  adu tendangan penalti. Pertandingan berlanjut ke drama penalti waktu setelah skor imbang 1-1 selama 120 pada laga yang dilangsungkan di Stadion Wembley, London, Senin (12/7) dini hari WIB. 

Inggris mampu unggul lebih dulu 1-0 saat pertandingan baru berjalan dua menit. Umpan silang Kieran Trippier dari sisi kanan penyerangan disambut tendangan first time Luke Shaw yang membobol gawang Gianluigi Donnarumma. 

Setelah gol itu, Inggris tampil begitu nyaman dalam menguasai permainan sehingga membuat Italia kesulitan. Italia baru mendapatkan peluang di pertengahan babak pertama tetapi upaya Federico Chiesa belum berbuah gol penyama kedudukan.

Di babak kedua, Italia bermain jauh lebih baik dibandingkan babak pertama. Di sisi lain, Inggris yang fokus menjaga keunggulan justru mulai goyah karena terus ditekan. 

Italia langsung mendapatkan peluang saat babak kedua baru berlangsung empat menit melalui tendangan bebas setelah Insigne dilanggar Raheem Sterling sedikit di luar kotak penalti pada menit ke-49. Insigne yang maju sebagai eksekutor coba melepaskan tembakan ke pojok kanan gawang yang masih melebar.

Tekanan yang terus dilancarkan Italia akhirnya berbuah manis pada menit ke-67. Dari situasi sepak pojok, Marco Verratti bisa melakukan sundulan yang masih bisa diblok Pickford. 

Bola liar yang dihalau Pickford mengenai tiang gawang dan Leonardo Bonucci yang berada di posisi terdekat bisa menyontek bola ke gawang kosong untuk mengubah skor jadi 1-1, dan bertahan hingga waktu normal usai, sehingga dilakukan babak perpanjangan waktu.

Pada babak perpanjangan waktu kedua tim saling tukar serangan, namun sejumlah peluang yang tercipta tak berhasil menjadi gol. Kedudukan 1-1 tetap bertahan, hingga pemenang harus ditentukan melalui adu tendangan penalti.

Dalam drama adu penalti, Italia berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor 3-2 atas Inggris. Tiga penendang penalti Italia, Domenico Berardi, Leonardo Bonucci, dan Federico Bernardeschi bisa menjalankan tugas dengan baik dan hanya Andrea Belotti dan Jorginho yang gagal karena tendangannya bisa dibaca Pickford. 

Sementara di kubu Inggris, Marcus Rashford, Jadon Sancho, dan Bukayo Saka gagal menjalankan tugas. Hanya Harry Kane dan Harry Maguire yang bisa menjalankan tugasnya dengan sempurna. Italia pun menang 3-2 dan berhak atas Trofi Euro 2020.   ***

×
Berita Terbaru Update