Notification

×

Iklan

Iklan

Waspadai dan Kenali Gejala Umum Covid-19 pada Anak

Tuesday 22 June 2021 | June 22, 2021 WIB Last Updated 2021-06-22T01:26:42Z


Bandung - VIRUS corona atau Covid-19 tidak saja hanya menyerang orang dewasa, tapi juga menginfeksi juga pada anak-anak dan balita.  Seperti diberitakan di Depok beberapa hari lalu, ada 37 balita yang terinfeksi virus mematikan ini dalam sehari.

Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit asal Wuhan, China ini tidak sama pada setiap orang. Namun pada anak-anak, ada gejala yang umum. 

Mereka biasanya mengalami kelelahan, sakit kepala, dan demam. Sementara itu, gejala lain seperti batuk atau kehilangan indra perasa atau penciuman hanya ditemukan sedikit pada kasus infeksi anak-anak.

"Kami perlu mulai memberi tahu orang-orang apa saja gejala utama pada usia yang berbeda daripada demam, batuk, dan kurangnya indra penciuman," kata Profesor Tim Spector, dari King's College London, yang memimpin penelitian, sebagaimana dikutip dari The Guardian.

Temuan terbaru para peneliti didasarkan pada laporan gejala di antara 198 anak yang dites positif mengidap penyakit dari hampir 16.000 yang dites. Mereka juga memperingatkan agar orang tua tetap membawa anak mereka untuk melakukan tes meski mereka tidak menunjukkan gejala.

"Itu dikarenakan sebanyak sepertiga dari anak-anak yang dites positif tidak menunjukkan gejala," jelasnya.

Dari rincian hasil penelitian mereka diketahui  lebih dari separuh (55%) anak-anak yang positif corona mengalami kelelahan. Sementara 54% mengalami sakit kepala dan hampir setengahnya mengalami demam.


Sakit tenggorokan ditemukan pada sekitar 38% anak-anak dengan gejala. Sementara hampir 35% kehilangan nafsu makan, 15% mengalami ruam kulit yang tidak biasa dan 13% mengalami diare.

Sebaliknya, pada dewasa,  gejala paling umum pada orang dewasa adalah kelelahan, sakit kepala, batuk terus-menerus, sakit tenggorokan, dan kehilangan penciuman.

Spector juga menemukan dari anak-anak yang dites positif dan memiliki gejala, sekitar setengahnya tidak memiliki salah satu dari tiga tanda utama yang dilaporkan oleh Pelayanan Kesehatan Nasional (NHS) Inggris.

Sebelumnya, NHS menyebut ada tiga gejala umum infeksi Covid-19 pada orang dewasa dan anak-anak, yaitu batuk yang terus-menerus, dan hilangnya atau perubahan indra penciuman atau perasa.

Selain itu, ruam yang tidak biasa pada anak-anak juga perlu dipertimbangkan sebagai gejala. Ia menyebut satu dari enam anak akan mengalami ruam.

"Seringkali itu akan menjadi satu-satunya tanda, dan Anda tidak akan mengalami ruam tidak biasa pada kebanyakan batuk, pilek atau flu," sebutnya.  ***

(Sumber: CNBC) 

×
Berita Terbaru Update