Notification

×

Iklan

Iklan

Sebaiknya Jangan Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Makan Sarapan

Friday 18 June 2021 | June 18, 2021 WIB Last Updated 2021-06-18T01:16:15Z


JAKARAT-
Terlihat sepele, tapi rutinitas sebelum makan sarapan ternyata sangat berpengaruh pada hasilnya. Bahkan ada beberapa hal yang sebaiknya jangan dilakukan sebelum sarapan.

Tak hanya dari pemilihan makanan untuk sarapan saja yang penting. Ada berbagai pro dan kontra dalam memilih hingga menentukan pola sarapan.

Bukan tanpa alasan mengapa sarapan mendapat perhatian khusus. Menurut banyak penelitian, sarapan diklaim sebagai salah satu menu makanan yang paling penting sepanjang hari.

Selain berguna untuk mendorong energi dan meningkatkan sistem metabolisme tubuh di pagi hari. Sarapan turut berperan aktif dalam produktivitas harian hingga suasana hati seseorang.

Dilansir dari Eat This Not That (18/06), berikut beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan sebelum menyantap sarapan di pagi hari.

1. Olahraga Berat

Person working out at gym during pandemicPerson working out at gym during pandemic Foto: Getty Images/iStockphoto/Adrian Seliga

Banyak orang yang memilih waktu pagi hari untuk melakukan sesi olahraga, baru setelah itu mereka menyantap sarapan. Padahal rutinitas ini sebaiknya tidak dilakukan secara terus menerus.

Orang-orang yang melakukan sesi olahraga berat, atau olahraga yang berhubungan dengan kardio, seharusnya melakukannya dengan perut yang sudah terisi makanan. Karena sarapan ini bisa menambah banyak manfaat tubuh saat berolahraga.

Bahkan menurut Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics. Mereka menemukan adanya kaitan antara konsumsi sarapan kaya karbohidrat, dengan meningkatnya performa atlet saat sesi olahraga dan latihan.

2. Membuat Keputusan Besar

Young woman holding menstruation calendar serious face thinking about question, very confused ideaYoung woman holding menstruation calendar serious face thinking about question, very confused idea Foto: Getty Images/iStockphoto/AaronAmat

Mungkin sekilas terlihat tidak berkaitan antara makan sarapan dan mengambil keputusan besar. Tapi dari jurnal penelitian yang diterbitkan Psychonomic Bulletin & Review, mereka menemukan adanya perbedaan yang mendasar.

Perbedaan pengambilan keputusan ini ternyata berkaitan erat dengan sarapan. Orang-orang yang mengambil keputusan besar usai sarapan, cenderung lebih bijak, berhati-hati dan tidak gegabah. Dibandingkan mereka yang mengambil keputusan dalam keadaan lapar.

3. Membuat Daftar Belanjaan

Close-up of woman checking shopping list with apples in the backgroundClose-up of woman checking shopping list with apples in the background Foto: Getty Images/iStockphoto/g-stockstudio

Banyak orang yang membuat daftar belanjaan di pagi hari, saat perut kosong dan belum sarapan. Hasilnya daftar belanjaan mereka akan dipenuhi dengan cemilan dan makanan berlemak yang kurang sehat.

Hal ini disebabkan karena ketika mereka merancang daftar belanja, keputusan yang mereka ambil tak lepas dari makanan yang mereka inginkan. Namun hasilnya akan berbeda jauh, ketika daftar belanja dibuat setelah perut kenyang usai sarapan.

Daftar belanja biasanya lebih efektif. Makanan yang ditulis untuk dibeli pun jadi lebih sehat.

4. Minum Obat

Sick young woman suffering from migraine or headache hold glass of water and painkiller medicine considering having pill, unwell millennial girl feel sad pondering taking antidepressant medicationSick young woman suffering from migraine or headache hold glass of water and painkiller medicine considering having pill, unwell millennial girl feel sad pondering taking antidepressant medication Foto: iStock

Hampir semua jenis obat dianjurkan untuk dikonsumsi setelah sarapan atau makan. Terutama bagi mereka yang memiliki masalah pencernaan, hingga lambung.

Obat-obatan umum seperti aspirin, parasetamol, dan beberapa antibiotik lainnya tak disarankan dimakan dalam perut kosong.

Karena tak hanya mengurangi efek dari obat tersebut, tapi bisa juga berakibat serius pada kesehatan lainnya. Seperti pendarahan pada lambung yang berbahaya.

5. Makan Permen Karet

Woman holding model of human intestines in front of body on white background. Female hands showing artificial model of lower human tissue and organs in front of body. The plastic model is isolated on shirt as white background. This model shows the real size of this part of the body, it is used in high school to teach teens biology and science.Woman holding model of human intestines in front of body on white background. Female hands showing artificial model of lower human tissue and organs in front of body. The plastic model is isolated on shirt as white background. This model shows the real size of this part of the body, it is used in high school to teach teens biology and science. Foto: Thinkstock

Untuk menghilangkan rasa asam dan pahit di mulut setelah bangun tidur, banyak orang yang mengunyah permen karet mint di pagi hari.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan hal ini, tapi permen karet sebaiknya tak lebih dikonsumsi dari 10 menit. Karena bisa mengakibatkan efek samping pada lambung yang kosong.

Ganti lah kebiasaan ini dengan minum air putih atau teh hangat di pagi hari sebelum sarapan.

×
Berita Terbaru Update