Notification

×

Iklan

Iklan

Klaster Baru Gununghalu Bandung Barat, Puluhan Warga Positif Covid-19

Friday 11 June 2021 | June 11, 2021 WIB Last Updated 2021-06-11T11:54:57Z


Bandung Barat -  Temuan  kasus positif COVID-19 terus mengalami lonjakan di wilayah  Kabupaten Bandung Barat (KBB). Puluhan warga Desa Tamanjaya, Gununghalu dinyatakan Positif COVID-19.

Temuan kasus positif di Desa Tamanjaya itu berawal saat seorang tokoh masyarakat di RW 10, yang melaporkan ada sebanyak 42 orang warga jatuh sakit dengan gejala mengarah pada COVID-19.

Lantaran khawatir, warga sakit dengan gejala serupa COVID-19 itu kemudian menjalani swab test antigen di Puskesmas Gununghalu pada Rabu (9/6) hingga didapat hasil sebanyak 27 warga dinyatakan positif.

"Mereka sebelumnya sakit dulu dengan gejala mengarah ke COVID-19," kata Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi pada Dinas Kesehatan (Dinkes) KBB M Jauhari kepada wartawan, Jumat (11/6/2021).

Jauhari menyebut saat ini pihak Puskesmas Gununghalu masih melakukan tracing terhadap kontak erat dari 27 warga yang positif COVID-19 tersebut. Kemudian untuk mencegah meluasnya penyebaran COVID-19 ke warga lain, pihak kecamatan dan desa akhirnya melakukan isolasi di RW tersebut.

"Untuk warga yang terpapar itu semuanya bergejala ringan seperti batuk dan pilek. Tapi mungkin karena mereka terus beraktivitas, jadi penyebarannya cepat," ucapnya.

Kasus paparan COVID-19 di Gunung Halu diduga  bermula saat ada seorang warga meninggal tapi bukan karena COVID-19. Lalu ada kerabat yang melayat dari Jakarta. Namun belum bisa dipastikan apakah sumber penyebaran dari pelayat tersebut atau bukan.

"Dugaan awal itu setelah ada kunjungan dari seorang pelayat yang merupakan warga Jakarta. Tapi belum bisa kita pastikan apakah itu penyebabnya atau bukan, nanti kita telusuri lagi," ujar Jauhari.***

×
Berita Terbaru Update