Notification

×

Iklan

Iklan

Gubernur Jabar: Covid-19 Varian Delta Muncul di Depok dan Karawang

Monday 21 June 2021 | June 21, 2021 WIB Last Updated 2021-06-21T10:10:58Z


Bandung - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengungkapkan Virus Corona (Covid-19) varian Delta dari India telah masuk ke wilayah Jawa Barat, yakni di Kabupaten Karawang dan Kota Depok. 

Hal itu berdasarkan atas hasil tes dengan menggunakan metode Whole Genome Sequencing yang dilakukan oleh Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Jabar dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

"Varian Delta sudah hadir di Jawa Barat, kita harus tetap waspada. Hadir di Karawang dan hadir di Kota Depok berdasarkan kajian Labkesda dan ITB," ujar Ridwan Kamil saat jumpa pers di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (21/6/2021).

Gubernur yang akrab disapa Emil ini menuturkan, berdasarkan kajian varian Delta tersebut dapat menular lebih cepat. Warga pun diimbau lebih menigkatkan kewaspadan dan menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

"Mudah-mudahan dengan berita ini kita tingkatkan kewaspadaan kita mohon disampaikan kepada masyarakat dengan varian Delta di Jawa Barat maka prokes 5 M itu harus ditingkatkan lebih lebih lagi," beber Emil.

Emil telah mengintruksikan kepala daerah di Karawang dan Depok untuk lebih waspada serta memberikan edukasi kepada warga. Kebijakan PPKM Mikro pun, lanjut Emil, harus dilakukan secara maksimal agar tidak terjadi penybaran varian baru tersebut.

Sementara itu, tingkat kematian di Jabar akibar covid-19 saat ini berada di angka 1,3 persen. Namun Emil mengaku, Jabar masih bisa mengendalikan angka kematian akibat covid-19 dengan berbagai upaya, salah satunya penambahan tempat tidur di setiap rumah sakit rujukan.

"Kemudian tadi kita diskusi kepada daerah-daerah yang tingkat kesembuhannya rendah, kasusnya masih aktif dan kematian tertinggi. Secara umum kematian di Jabar masih terkendali masih diangka 1,3 persen," ungkap Emil.***

×
Berita Terbaru Update